Senin, 24 Desember 2012

Mekanisme Corporate Governance dalam perusahaan yang mengalami permasalahan keuanngan (financially distressed firms

Mekanisme Corporate Governance dalam Perusahaan yang mengalami permasalahan Keuanngan (Financially Distressed Firms) Adalah Simposium  Akuntansi ke 9 padang yang telah di seminarkan dalam tingkat nasional. adapun uraian ringkas :

I. Latar Belakang Masalah

Corporate Governance (CG) merupakan tata kelola perusahaan yang menjelaskan hubungan antara berbagai partisipan dalam perusahaan yang menentukan arah dan kinerja perusahaan (Monks & Minow, 2001). Isu mengenai CG ini mulai mengemuka, khususnya di Indonesia, setelah Indonesia mengalami masa krisis yang berkepanjangan sejak tahun 1998. Banyak pihak yang mengatakan lamanya proses perbaikan di Indonesia disebabkan oleh sangat lemahnya CG yang diterapkan dalam perusahaan di Indonesia. Sejak saat itu, baik pemerintah maupun investor mulai memberikan perhatian yang cukup signifikan dalam praktek CG.

Porter (1991) menyatakan bahwa alasan mengapa perusahaan sukses atau gagal mungkin lebih disebabkan oleh strategi yang diterapkan oleh perusahaan. Kesuksesan suatu perusahaan banyak ditentukan oleh karakteristik stategis dan manajerial perusahaan tersebut. Strategi tersebut diantaranya juga mencakup strategi penerapan sistem Good Corporate Governance (GCG) dalam perusahaan. Struktur GCG dalam suatu perusahaan bisa jadi dapat menentukan sukses tidaknya suatu perusahaan. Daily & Dalton (1994) meneliti mengenai adanya kemungkinan hubungan dari dua aspek struktur governance, komposisi direksi dan struktur kepemimpinan dari direksi, sebagai faktor penjelas dari kebangkrutan suatu perusahaan. Penelitian mereka menyimpulkan bahwa memang terdapat hubungan yang signifikan antara komposisi direksi dan struktur kepemimpinan direksi tersebut dengan kemungkinan perusahaan mengalami kebangkrutan.

II.  Hasil Penelitian 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin besar jumlah direksinya maka semakin tinggi kemungkinan perusahaan mengalami kondisi tekanan keuangan. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan yang mengalami tekanan keuangan akan membutuhkan lebih banyak expertise dari para direkturnya dan adanya resources dependence terhadap para direksi tersebut.

Untuk File Lengkapnya Anda bisa Unduh Langsung Di Bawah Ini.


0 Komentar: