Kamis, 01 Desember 2011

KULIAHKU

Resiko mata kuliah mengulang

Kuliah salah satu kewajiban dalam menunaikan jemjamg strata satu yang biasa diberi gelar SI (sarjana pertama), keliah fakultas ekonomi jurusan akuntansi sangat melelahkan dalam perjalan semester 1 sampai menjelang semerter 7 dan 8 vnantinya , tapi sekarang masih dalam semester 7.
Oleh karena banyak mata kuliah yang tidak terprogram  4 Mk. dan nilai mata kuliah yang masih C  ada 3 Mk. membuat saya mengharuskan untuk mengulang agar target untuk selesai kuliah insyaAllah 2012 tahun depan ini.

Sudah menjadi keharusan dan resiko bagi diri yang menjalani pengulangan mata kuliah (mk), ketemu dan belajar bersama adik kelaske dengan dosen pengajar semester lalu, membuat saya merasa minder dan malu untuk mau lebih aktif dan serius memperhatikan pengajaran, inginya ketemu cuman satu hari keesokanya pengen langsung ujian.he……., Bukan hanya saya saja sih yang mengulang mata kuliah tapi ada juga teman-teman yang lain,tapi itu bukan menjadi semangat dan motivasi saya untuk menjadi mahasiswa ABADI seperti senior yang lain.

Penyesalan selalu aja datangnya pada saat kejadian dan waktu yang sudah terlewati, kenapa sih tidak datang pada saat awal sebelum kejadian,,,,ehmmm…..mungkin sudah menjadi sifat dari penyasalan itu ya….

Kuliah yang sebenarnya hanya dari hari rabu sampai hari saptu masing –masing 2 mata kuliah menjadi 4 mata kuliah dalam perharinya, jadi kuliah pagi pulang malam…..capek bangat………Ini yang mebuat diri saya merasa jenuh dan apalagi dipegaruhi dengan lingkungan disekitarnya yang para senior memandang kampus hanya penjara idiologi yang menjadikan kita budak dari peraturan kampus…hemmmm pemikiran inilah yang tambah membuat saya mulai luwes dan malas dalam kuliah.

Melawan Arus Resiko kuliah Mengulang
1.    Memang sih kita semester 7 senior ataupun semester keatas lainnya ikut lagi mengulang apalagi belajar sama adik kelas menbuat diri kita merasa seperti tidak seperti dulu lagi semasa teman kelas setingkat semester, tapi jangan khawatir semua itu bisa kita lalui dan menjadi kesempatan untuk kita lebih belajar lagi karna di akhir semerter nanti dalam ijian skripsi diiringi dengan ijian komprehensif mata kuliah jurusan…ehmmmm kebayang kalau nilai IPK bagus tapi tidak lulus ujian koprehensif , jadi lebih malu besar……
2.    Penguruh lingkungan dan pandangan terhadap idiologi menjadi tantangan tesendiri dalam menyaring dan mengelola pola berpikir dewasa,bahwa benar kita tidak harus selamanya berada dalam ruang lingkup kampus, dengan argumentasi bahwa kampus adalah penjara dalam membatasi garak kita karna dengan peraturan kampus makanya kita harus cepat-cepat selesai, jangan malah menjauhi kampus karna itu akan mengakibatkan kita malah memperpanjang masalah.
3.    Pendekatan dengan dosen emang harus kita lalukan, pepatah mengatakan ‘tak kenal maka tak sayang’ jadi kalau kita tidak kenal dosen maka sulit kita untuk bisa negosiasi nilai.

Hikmah mata kuliah mengulang  
Semua apapun yang kita kerjakan baik salah ataupun benar ada aja hikmah dibalik semua itu, belajar dengan adik kelas menjadi kesempatan untuk kita bisa memperluas dan mengikat persaudaraan dengan adik kelas sekalian belajar ulang mata kuliah yang pastinya kebanyakan lupa dengan ilmu semester lalu. Jadi tidak ada rasa malu dalam belajar he…….

Buru-buru selesai sedang ilmu yang harusnya dibawa pulang kekampun halaman sendiri tidak ada, percuma aja coy….kuliah 4 tahun dengan biaya yang cukup banyak dengan tenaga,waktu,pikiran, selama menjalani kuliah.  Tidak ada kata terlambat selama masa perjalan dikampus ada yang kita bawa sewalaupun hanya 40% ilmu dari hasil kuliah kita untuk jadikan kado dalam membangun perjuangan hidup di daerah kelahiran kita.

Kata orang libah baik sedikit ilmu tapi banyak aktualisasinya dari pada banyak ilmu tapi tidak ada samasekali kontribusinya dari masyarakat, kejadianya seperti itu banyak dialami di Negara Indonesia ini, perilaku aneh ini tidak menjadi masalah malah menjadi biasa dan masuk akal,
Kuliah lama tapi jangan menjadi kelamaan sampai jadi mahasiswa abadi, ter…la…lu…..(kata bang haji Roma Irama) yang sedang sedang saja….(kata Evi tamala)…..

(Bersambung….)





0 Komentar: